01 Agustus 2015 | By

Press Release INDONESIAN FASHION CHAMBER



Indonesia memiliki visi menjadi negara sejahtera melalui pengembangan ekonomi kreatif, di antaranya adalah melalui subsektor mode. Tahun 2025 Indonesia bercita-cita menjadi salah satu pusat mode dunia, dengan tahap awal menjadi pusat mode muslim (modest fashion) melalui produk ready to wear yang mengoptimalkan kekuatan lokal. Local inspiration with contemporary spirit.

Guna mencapainya, yang harus dilakukan adalah dengan memperkuat fondasi semua pihak yang terkait dengan industri ini. Ekosistem industri mode secara garis besar terbagi dalam rantai kreatif mulai dari proses kreasi, produksi, distribusi, penjualan hingga archiving, dan nurturance environment yang mencakup pendidikan dan apresiasi. Desainer yang menjadi ujung tombak harus mampu membangun kerjasama yang kuat dalam rantai nilai tersebut, agar dapat sejalan dengan dinamika perubahan gaya hidup yang sangat cepat, sekaligus tetap membawa keunikan kekuatan lokal.

Indonesian Fashion Chamber (IFC) dibentuk dengan tujuan memfasilitasi desainer dan pengusaha bidang mode yang terkait, untuk memperkuat fondasi demi kemajuan industri mode secara nasional dan dalam peta internasional. IFC juga menjadi partner pemerintah untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat (inspirasi) mode dunia. Bertumpu pada strategi penguatan branding dan inovasi, pengembangan akan difokuskan pada research and development, capacity buiding, dan terutama pengembangan bisnis. Indonesia saat ini sedang menikmati bonus demografi, suatu masa yang memiliki kelompok muda dan produktif terbesar. Karena itu perhatian perlu diberikan pada kelompok desainer muda yang akan menjadi tulang punggung kemajuan industri mode. Kelompok produktif muda ini tumbuh di era digital, menikmati gaya hidup global, mereka diharapkan siap memasuki panggung dunia dengan tetap berakar pada keunikan budaya Indonesia. Berbagai konsep pembinaan melalui program incubator, workshop, training maupun FGD akan menjadi bagian kegiatan IFC. Pembinaan bukan hanya dari sisi kreativitas, namun terutama manajemen, branding, marketing, dan banyak lagi. Penyelenggaraan pameran dagang skala lokal maupun internasional pun  akan menjadi bagian dari progam IFC.

Sebagai sebuah organisasi, IFC dibangun dengan semangat kebersamaan, penyatuan ide, dan konsep dituangkan dalam berbagai program serta kegiatan untuk tujuan bersama. Bukan hanya bagi internal organisasi tetapi bermakna bagi keseluruhan pelaku industri mode dan masyarakat. Kerjasama juga dibangun dengan bidang ekonomi kreatif lain, di antaranya bersinergi dengan kelompok desain lain membentuk Indonesia Trend Forecasting, membawa inspirasi indonesia sebagai tawaran untuk produk gaya hidup global. Memampukan Indonesia untuk ikut mendandani dunia. Selain itu berbagai kerjasama juga dilakukan bukan hanya dalam taraf nasional namun juga dalam jaringan internasional.

Togetherness in creativity, Indonesian Fashion Chamber sebagai bagian dari masyarakat ikut memikul tanggung jawab membangun negeri.

LATEST NEWS

01/01/2015

LOREM IPSUM DOLOR SIT

Read More
01 Agustus 2015

Press Release INDONESIAN FASHION CHAMBER

Read More
28 - 29 MAY 2016

“INDONESIAN WEEKEND” Promosikan Budaya Indonesia di London

Read More
25 Februari 2016

HARAPAN BARU UNTUK FASHION INDONESIA

Read More