28 - 29 MAY 2016 | By

“INDONESIAN WEEKEND” Promosikan Budaya Indonesia di London



Dengan kekayaan alam dan budaya yang dimiliki, Indonesia patut menjadi salah satu destinasi wisata dunia. Menyadari semakin ketatnya persaingan promosi pariwisata yang dilakukan berbagai negara, pemerintah Indonesia semakin gencar menerapkan program promosi wisata dan budaya negeri ini.

Atas upaya tersebut, berdasarkan data indeks yang disusun oleh World Economic Forum pada tahun 2015, posisi Indonesia berhasil meraih peringkat 50, meningkat sekitar 100 peringkat dari tahun sebelumnya. (http://bit.ly/1JA5A3C). Peringkat tersebut masih jauh di bawah negara tetangga seperti Malaysia dan Thailand yang berada di peringkat 10 besar. Jumlah wisatawan asing yang datang ke Indonesia hanya 9,4 juta orang, lebih rendah dari Malaysia yang mencapai 27,4 juta orang dan Thailand sekitar 24,7 juta orang. Untuk itulah, perlu lebih digiatkan berbagai aktivitas yang dapat memperkenalkan dan menggaungkan keragaman wisata alam dan budaya kebanggaan Indonesia di panggung internasional.

Angka tertinggi wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia berasal dari Inggris. Menurut data Badan Pusat Statistik, dari jumlah 98,316 orang pada tahun 2003 naik menjadi 228,679 orang pada tahun 2013. Menteri Pariwisata, Arief Yahya menyatakan, “Upaya promosi lewat taksi di London serta kebijakan bebas visa untuk turis Inggris dan sekitar 70 negara lain membantu peningkatan jumlah turis yang datang ke Indonesia.”

Komunitas Bangga Indonesia yang berkantor pusat di London, Inggris, menggagas program "Indonesian Weekend" dengan tujuan mendorong ditingkatkannya promosi wisata, seni budaya, musik, kuliner, dan fashion Indonesia di London, Inggris. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat membantu pemerintah dalam mewujudkan target untuk mendatangkan 20 juta wisatawan asing dan menjadikan Indonesia sebagai destinasi utama wisatawan dunia di tahun 2017. 

Indonesian Weekend akan diselenggarakan pada 28-29 Mei 2016 di Potters Fields Park, London, Inggris. Taman indah dengan latar ikon terkenal London, Tower Bridge, di tepi Sungai Thames tersebut sangat strategis karena terletak di jantung kota London dan dilalui sekitar 60.000 pengunjung, termasuk warga Inggris dan turis mancanegara. “Pemilihan tanggal tersebut karena warga Inggris memasuki masa liburan sehingga akan lebih ramai,” papar Endang Nurdin Widjono, Direktur Bangga Indonesia Ltd.

Dalam acara Indonesian Weekend akan ditampilkan rangkaian kegiatan seperti pameran foto dan pemutaran video destinasi wisata Indonesia, olahraga khas Indonesia, permainan tradisional, pertunjukan musik, pementasan tari dan teater, demo masak makanan Indonesia, workshop batik, dan lainnya. Di antaranya dengan menghadirkan seniman Sardono W. Kusumo, musisi Dwiki Dharmawan yang akan berkolaborasi dengan musisi jazz ternama asal Inggris, dan Chef Degan sebagai perwakilan dari bidang kuliner.

Indonesian Weekend bekerjasama pula dengan Indonesia Fashion Week untuk menampilkan peragaan busana karya sejumlah desainer ternama dari tanah air, termasuk memperkenalkan busana muslim Indonesia. “Saat ini pemerintah sedang gencar mempromosikan fashion, mengingat target menjadikan Indonesia sebagai salah satu pusat fashion dunia. Sebagai bentuk dukungan, kami turut berpartisipasi dalam pameran Indonesian Weekend,” ujar Dina Midiani, Direktur Indonesia Fashion Week.

Program Indonesian Weekend diharapkan menjadi salah satu strategi jangka panjang dalam mempromosikan pariwisata Indonesia ke tingkat internasional. Seperti yang diungkapkan oleh Ari Satria, Direktur Pengembangan Pasar dan Informasi Ekspor - Kementrian Perdagangan Republik Indonesia, bahwa pihak pemerintah terus mendukung seluruh pihak di luar negeri untuk mempromosikan tentang Indonesia.

Perhelatan ini akan ditangani oleh dua event organizer sekaligus, yaitu Your Audience dari Inggris dan Ditali Cipta Kreatif dari Indonesia. Sekitar 60.000 pengunjung ditargetkan akan menghadiri event ini yang terdiri dari 80% adalah warga London dan sekitarnya serta turis internasional, dan 20% adalah warga Indonesia yang bermukim di Inggris dan Eropa. Setelah London, program ini rencananya akan berlanjut digelar di Tokyo, Shanghai, Seoul, Kuala Lumpur, dan Singapura.

 

 

Kontak :

Ibah (0813-166-81749),

email:info@indonesianweekend.com

LATEST NEWS

01/01/2015

LOREM IPSUM DOLOR SIT

Read More
01 Agustus 2015

Press Release INDONESIAN FASHION CHAMBER

Read More
28 - 29 MAY 2016

“INDONESIAN WEEKEND” Promosikan Budaya Indonesia di London

Read More
25 Februari 2016

HARAPAN BARU UNTUK FASHION INDONESIA

Read More